DAPATKAN! Buku Pitutur Luhur (Rp.5.000) dan CD MP3 Pitutur Luhur oleh Ustadz Parsono Agus Waluyo ( Karangpandan, Solo - Indonesia

Selasa, 04 September 2012

PSHT psht PSHT

PSHT psht PSHT



persaudaraan setia hati terate adalah sebuah organisasi beladiri asli indonesia. PSHT didirikan oleh ki hajar harjo utomo yang merupakan murid dari ki ngabehi surodiwiryo. 

Sekarang mari kita tengok satu persatu dari kedua 

tokoh diatas. ki ngabehi surodiwiryo semasa kecilnya bernama mas mohammad masdan lahir pada tahun 1869.

beliau belajar pencak silat mulai tahun 1884 ketika beliau belajar ngaji di pondok pesantren di jombang jawa timur, kemudian karena minatnya yang sangat besar terhadap pencat silat beliau mengembara/merantau mulai tahun 1885 hingga 1902 untuk mendapatkan dan mengasah ilmu pencak silat.

Beliau berguru di daerah bandung pada tahun 1885 dan mendapatkan beberapa ilmu silat diantaranya silat cimande, cikalong, cibaduyut, cipetir, cimalaya, ciampea, dan sumedang.

Tahun 1886 beliau pindah ke betawi dan menambah ilmu pencak silah seperti permainan betawen, kwintang, monyetan dan permainan toya.

tahun 1887 pindah lagi ke bengkulu dan 6 bulan kemudian pindah lagi ke padang bekerja di kantor kontrolir. cerita sejarah ki ngabehi surodiwiryo di lanjutkan di post berikut nya karena akan terlalu panjang jika saya jadika satu semuanya..

Ki ngabehi surodiwiryo

Sekarang kita lanjutkan tentang ki hajar harjo utomo pendiri persaudaraan setia hati terate. beliau lahir di madiun tahun 1890. pada tahun 1917 beliau mulai belajar nyantrik , belajar pencak silat dan akhirnya menjadi murid kinasih ki ngabehi surodiwiryo hingga mencapai warga tingkat III.

tahun 1922 atas persetujuan gurunya beliau mengembangkan ilmu setia hati terate dengan mendirikan perguruan pencak silat SH Pencak Sport Club di desa pilangbangau madiun.

karena adanya kata pencak maka dibubarkan oleh belanda kemudian untuk mengelabuhi belanda maka diganti dengan nama SH pemuda sport club. murid pertama beliau adalah idris, mujinhttp://mp3pituturluhur.blogspot.com/

0 komentar:

Poskan Komentar